Rabu, 02 Januari 2008

TAKWA

BAB TAKWA

Allah berfirman,
"Hai orang-orang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benar takwa." (Ali Imran: 102).
Allah berfirman,
"Maka bertakwalah kepada Allah semampu kalian…" (At-Taghabun: 16).
Ayat berikut ini menjelaskan pengertian ayat pertama.
"Hai orang-orang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dan berkatalah dengan perkataan yang baik." (Al-Ahzab: 70).
Ayat-ayat yang berkaitan dengan perintah bertakwa sangat banyak dan populer.
Allah berfirman,
"Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah pasti Dia menjadikan untuknya jalan keluar. Dan memberinya rezeki yang tanpa disangka-sangka." (At-Thalaq: 2).
Allah berfirman,
"Jika kalian bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan pembeda bagi kalian, menghapus kesalahan kalian dan mengampuni kalian. Dan Allah memliki kemuliaan yang agung." (Al-Anfal: 29).

Ayat-ayat seputar bab ini juga sangat banyak dan populer. Sedangkan dalil-dalil dari hadits di antaranya:
1. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa ada yang bertanya kepada Rasulullah,
يا رَسُول اللَّهِ مَنْ أَكْرَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: أَتْقَاهُمْ قَالُوْا: لَيْسَ عَنْ هَذَا نَسْأَلُكَ. قَالَ: فَيُوْسُفُ نَبِيُّ اللَّهِ بْنِ نَبِيِّ اللَّهِ بْنِ نَبِيِّ اللَّهِ بْنِ خَلِيْلِ اللَّهِ قَالُوا: لَيْسَ عَنْ هَذَا نَسْأَلُكَ. قَالَ: فَعَنْ مَعَادِنِ الْعَرَبِ تَسْأَلُوْنِي؟ خِيَارُهُمْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُهُمْ فِي الإسْلاَمِ إِذَا فَقَهُوْا
"Ya Rasulullah, siapakah orang paling mulia?" Beliau mnejawab, "Orang yang paling bertakwa di antara mereka." Orang itu berkata lagi, 'Bukan tentang ini kami bertanya.' Beliau menjawab, 'Yusuf bin Nabi Allah bin Nabi Allah bin Khalilullah.' Mereka bertanya, 'Bukan tentang ini kami bertanya.' Beliau menjawab, 'Apakah kalian bertanya tentang kantong-kantong daerah Arab? Sebaik-baik kalian di Jahiliyah adalah yang terbaik di dalam Islam jika mereka berilmu." (Muttafaq Alaihi).
Faqihu, dengan Dhadh didhammah, artinya mengerti hukum-hukum syariah Islam.
2. Abu Sa'id ra meriwayatkan dari Rasulullah saw. yang bersabda,
إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌُ خَضِرَةٌ، وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيْهَا فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُوْنَ، فَاتَّقُوْا الدَّنْيَا، وَاتَّقُوْا النِّسَاءَ فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيْلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ
"Sesungguhnya dunia itu manis dan hijau (menyenangkan) dan Allah mengangkat kalian sebagai pimpinan di dunia. Maka Dia akan melihat apa yang kalian kerjakan. Maka bertakwalah kalian dalam hal dunia dan bertakwalah dalam hal wanita. Fitnah pertama yang menimpa Bani Israel adalah wanita." (Muslim).
3. Ibnu Mas'ud meriwayatkan bahwa Nabi saw. pernah berdoa,
اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى
"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, iffah, dan kekayaan." (Muslim).
4. Abu Thuraif 'Adi bin Hatim At-Tha'i meriwayatkan,
مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنٍ ثُمَّ رَأَى أَتْقَى للهِ مِنْهَا فَلْيَأْتِ التَّقْوَى
"Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, 'Barangsiapa bersumpah lalu melihat ada sesuatu yang lebih (bernilai) takwa kepada Allah hendaknya ia mengambil ketakwaan itu." (Muslim).
5. Abu Umamah Shadi bin 'Ajlan Al-Bahili ra berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah saw berpidato di Haji Wada',
اِتَّقُوْا اللَّهَ وَصَلُّوْا خَمْسَكُمْ، وَصُوْمُوْا شَهْرَكُمْ، وَأَدَّوْا زَكَاةَ أَمْوَالِكُمْ، وَأَطِيْعُوا أُمَرَاءَكُمْ، تَدْخُلُوْا جَنَّةَ رَبِّكُمْ
'Bertakwalah kalian kepada Allah, shalatlah yang lima waktu, puasalah di bulan kalian, tunaikan zakat harta kalian, dan taatilah pemimpin kalian, niscaya kalian akan memasuki surga Tuhan kalian." (Tirmidzi di Kitab Shalat, hadits hasan shahih).
---o0o---

Tidak ada komentar: